Penyebab Influenza

Written by on
A diagram of influenza viral cell invasion and...Image via WikipediaTernyata penyebab utama influenza atau pilek ini adalah virus yang bernama Rinovirus. Virus yang terdapat dalam mukus atau lapisan lendir penderita flu, dapat mengontaminasi permukaan alat-alat rumah tangga yang sering disentuh. Sehingga virus penyebab infeksi ini dapat dipindah-pindahkan ke ujung-ujung jari orang lain selam melakukan aktivitas sehari-hari. Jika jari-jari yang mengandung virus diusapkan pada mata dan hidung sehingga virus berpindah ke tempat tersebut, maka dapat menimbulkan gejala flu.


Perpindahan rinovirus dalam mukus dari alat rumah tangga ke jari=jari melalui aktivitas rutin sehari-hari terjadi pada 23,5% jari, setelah mukus mengering selama 1 jam. Dengan pengeringan selama 24 jam, perpindahan virus menurun menjadi 4%, dan setelah 48 jam tidak ditemukan adalanya perpindahan.

Dari penelitian di atas, setidaknya kita bisa tahu bahwa pada musim ketika flu mulai mewabah, ada hal-hal yang harus diperhatikan agar kita tidak tertular dan daya tahan tubuh kita tetap terjaga, antara lain :

Biasakan mencuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun khusus cuci tangan setiap kali jari tangan kita akan atau sudah menyentuh lapisan lendir tubuh kita, seperti mata, hidung, dan mulut, sebelum menyentuh makanan/minuman, bersentuhan kulit dengan orang lain, dan sebagainya. Karena dengan mencuci tangan menggunakan sabun, kita sudah mengeliminasi virus penyebab infeksi lebih dari 50%. Sebaiknya keringkan tangan kita setelah mencuci tangan.
Seimbangkan asupan nutrisi harian kita, dengan memperbaiki pola makan yang teratur, banyak minum, konsumsi buah-buahan.
Seimbangkan pula pola istirahat dengan kesibukan aktivitas sehari-hari, sesuaikan dengan kekuatan fisik sendiri. Namun ada kalanya kekuatan fisik dapat dikalahkan dengan kekuatan pikiran, jika kita bisa mengaffirmasi diri dengan mengatakan “saya punya pekerjaan yang banyak dan harus mencapai target yang sudah ditentukan, maka saya harus kuat dan sehat”. Dengan cara ini, keseimbangan pun akan ditaati dengan sendirinya.
Gunakan vitamin atau suplemen untuk menjaga tubuh dari kekurangan zat penting dalam tubuh yang tidak bisa didapatkan dari sekedar asupan nutrisi harian. Misalnya, merutinkan konsumsi Cordyseps Mycellium Capsules sehari 2-3 kapsul dan Nutrient High Calsium Powder sehari 1 sachet, bisa mencapai kondisi tubuh yang optimal setiap hari. Sebaiknya konsumsi suplemen yang alami, agar dapat diserap tubuh dengan baik, sehingga menghasilkan kinerja tubuh yang optimal dan kita pun akan terhindar dari terinfeksi berbagai penyakit. Bila kita sudah terlanjur tertular influenza, maka konsumsi Cordyseps dapat dinaikkan hingga 3 kali sehari 2-3 kapsul.


Source : dokternasir.web.id

Please fill comments, problems, praise, complains and suggestions bellow, but do not spammer and add your link here.